ECO BALL PENCUCI AJAIB TANPA DITERJEN, RAMAH LINGKUNGAN. >> KUMPULBLOGGER

Saturday, October 22, 2011

SALAH MEMOTIVASI,BISA-BISA ...........!

Sore-sore yang cerah, tiba-tiba ada seorang ibu yang minta ke petugas FO untuk bertemu denganku. Sang ibu minta berkonsultasi khusus tentang masalah belajar anaknya dengan saya. Berikut percakapan beliau dengan saya.

Mama : Bu Farida.. Saya minta tolong dengan SANGAT agar anak saya (.... beliau nyebutin nama putranya) dimotivasi agar mau belajar.

Saya : Lho memang selama ini ga mau belajar to bu...

Mama : Ya mau sih tapi setelah saya omelin dulu baru dia mo belajar..

Saya : Kalo habis diomelin gitu, adik belajarnya apa semangat bu??


Sang Mama : ya Enggak sih bu. Tapi gimana lagi sudah berbagai macam omelan tapi si anak ini ga nurut2.

Apalagi yang namanya pelajaran matematika. Wah, Bagi dia ini pelajaran yang menakutkan... Saya sampe pusing menasehati..

Saya : Pernah ga ibu coba bicara pelan2 pas makan, tidak pas jam belajar apa enaknya kalo belajar dan apa ga enaknya nanti kalo dia malas belajar...

Mama : Wis ta la bu... Saya ini udah coba mensehati macam2.. Sampai2 saya capek sendiri
Berkali-kali saya mencoba memberi masukan ke Sang Mama, namun beliaunya sendiri selalu bilang bahwa dia capek karena sang anak ga mau ndengarin (padahal kalo saya mau jujur anaknya itu niru mamanya hehehe)

Pada saat beliau curhat lagi tentang pelajaran matematika. Saya mencoba tanya dulu ke beliau..

Saya : Lho ibu biasanya menasehatinya gimana??

Sang Mama: Ya.. Gitu Bu Farida, Nak... Ayo belajar. Matematika itu SULIT Lho. Harus banyak latihan.. Mama dulu juga ga bisa matematika.. Kamu mesti belajar karena MATEMATIKA ITU SULIT..

Saya : ibu sering bilang matematika itu sulit??

Mama : Ya iya bu memang kenyataannya begitu. Masa Saya harus bilang matematika itu mudah padahal memang sulit...

Saya : Bu. Pernah ga dicoba adik dipuji dan diberi kepercayaan. Adik Mama YAKIN KAMU SANGAT PINTAR. Mama tahu kamu ga suka pelajarn matematika. Tapi pelajaran matematika ini kan penting. Mama Yakin ADIK PASTI BISA Pelajaran ini, hanya butuh latihan yang berulang-ulang

Sang Mama : Kalo seperti itu sih belum. Tapi lho bu... Wong anak saya aza lho.. Wong dikerasin aza ga nurut apalagi yang kalem2 gitu... 
(Dalam pikiran saya mestinya yg dimotivasi ini mamanya dulu.. minimal ikut sesi parenting gitu... hehehe)

Saya : Untuk pelajaran Matematika ada cara dhsyat bu agar anak2 mau ngerjain..
Namanya Do Double (maaf pak Khrisna ambil dari go double nya beliau)
Minta adek ngerjain 1 soal dulu. Jika udah bisa.. Langsung puji dia. Terus besok ngerjain dua. besoknya lagi empat... dan seterusnya... Nanti jika target di penuhi beri adik hadiah..Gmn bu?
Mama : Kalo yang pertama2 dia mau, tapi nanti kalo banyak... PASTI DIA TIDAK MAU
bener2 nih sang mama... yang protes bukan dedeknya tapi mamanya melulu...
Akhirnya saya bilang ke beliau : Ibu kalo gitu besok minggu adik minta datang di acara SUKSES UNAS WITH MIND POWER ya (saat itu memang kita ada sesi untuk persiapan UNAS)... Dan mohon dengan sangat ibu juga hadir.

Dan Alhamdulillah sang Mama hadir bersama putranya. 
Dipertengahan sesi ternyata sang Mama maju kepanggung. Dia juga meminta anaknya maju juga.. Dan tanpa dinyana.. Sang Mama menamgis dan meminta maaf kepada putranya...
Akhirnya mereka berdua tangis menangis diatas panggung...

Alhamdulillah....
Ternyata salah memotivasi bukan semangat yang didapat malah sang anak semakin takut dan memperburuk konsep dirinya....

Semoga bermanfaat buat semua...
oleh :Farida Yunita Sari  (pakar Hypnolearning) www.hypno-learning.com

No comments:

Post a Comment